Selasa, 16 Juni 2009

Paket B atau Paket B setara SMP

Masih ingatkah Paket B. Terkadang kita selalu tersentak dengan sebutan paket A, paket B, paket C di sebuah lestoran atau cafe-cafe dari lestoran jalanan sampai kelas berbintang.

Kata Paket B yang dimaksud di sini adalah suatu kegiatan pembelajaran pendidikan nonformal yang menampung warga masyarakat putus sekolah, dan atau masyarakat yang kurang beruntung untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sama dengan lulusan pendidikan formal (SMP)


Kegiatan semacam ini marak diselenggarakan di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang berasaskan dari, oleh, untuk masyarakat. tahun 1997 PKBM belum banyak didirikan oleh masyarakat, pada tahun itu masyarakat belum mengenal lembaga tersebut. Tapi dengan kegigihan Bapak Penilik dan TLD (Tenaga Lapangan Dikmas, lembaga ini cepat tersosialisasi. Ini tentunya kerja keras dengan berbagai cara Bapak Penilik dan TLD dalam mendesiminasikan PKBM di Indonesia. Walaupun banyak aral yang merintang, namun pujian terkadang datang tiba-tiba dari Bapak/Ibu Pejabat atau pemangku kepentingan. Yaah..... hanya acungan jempol atau kata bagus dan hebat dari pejabat.